FPIK UTU dan PEMKAB Nagan Raya Melakukan Kerjasama di Bidang Kelautan dan Perikanan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 12. 08. 2020
  • 0
  • 282

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan melalui Universitas Teuku Umar melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Nagan Raya melalui penandatangan MoU (Memorandum of Understanding). Kersama dibidang perikanan dan pertanian ini ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA yang juga didampingi oleh Dekan FPIK UTU Prof. Dr. M. Ali S, M.Si di kantor Bupati Nagan Raya Jl. Poros Utama, Lueng Baro, Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya pada selasa (7/7/2020).

Kerjasama ini diharapkan dapat menjembatani penerapan Tri Dharma perguruan tinggi terhadap permasalahan yang terdapat di daerah – daerah dalam hal ini adalah kabupaten Nagan Raya khususnya dalam bidang kajian akademik. Melalui penyampaiannya, rektor UTU mengaskan bahwa momen kerjasama ini membuat UTU bisa menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Nagan Raya terkait pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi terhadap permasalahan yang ada di Pemda Nagan Raya terutama dari sisi akademiknya, tujuannya agar dalam penentuan kebijakan, pemerintah bisa memiliki informasi, data dan sumber yang ilmiah.

Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di pesisir Barat Selatan Aceh dimana secara geografis berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang mengindikasikan potensi perikanan dan kelautan yang berlimpah. Selain itu juga memiliki sumberdaya pertanian dan perikanan darat yang sangat besar sehingga kerjasama dalam bidang perikanan dan pertanian menjadi kunci utama dalam meningkatkan produktifitas potensi dan sumberdaya yang terdapat di wilayah tersebut.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan I dan II FPIK UTU, Dr. Muhammad Rizal, M.Si dan Hafinuddin, M.Sc, Ketua jurusan Akuakultur Farah Diana, M.Si, Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan FPIK Athailah, M.Si dan Kandidat Doktor FPIK Afrizal Hendri, M.Si yg selama ini sudah berhasil memijahkan ikan endemik (ikan serukan) di kabupaten Nagan Raya. Bupati Nagan Raya H. Jamin Idham, SE mengatakan, kerjasama tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong percepatan pembangunan daerah, terutama di bidang penelitian dan pengabdian yang nantinya dapat memberikan manfaat positif khususnya bagi rakyat dan pemerintah kabupaten Nagan Raya.

Lainnya :