LPPM -PMP UTU  MELAKUKAN KEGIATAN PEMBEKALAN KKN REGULER ANGKATAN XIX TAHUN 2022 DI KOTA SUBULUSSALA
  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  • 27. 12. 2022
  • 0
  • 758

MEULABOH- LPPM-UTU | Melakukan kegiatan pembekalan dan pelepasan KKN reguler angkatan XIX bertempat diaula gedung terintegrasi Universitas Teuku Umar lantai II. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa/i peserta KKN, Dosen Pembimbing Lapangan dan unsur pimpinan UTU diantaranya, wakil rektor bidang akademik Dr. Alfizar, DAA, Dekan Fakultas Ekonomi, Prof T Zulham, Dekan Fakultas Teknik, Dr. M Isya, Wakil dekan akademik Fisip, Dr. Afrizal Tjoetra, ketua LPPM, Ir. Rusdi Faizin, M.Si dan Sekretaris LPPM Herdi Susanto, MT.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Novriadi Ikhsan, SKM dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah acara seremonial ini dilanjutkan dengan laporan ketua panitia KKN yaitu Ibu Teungku Nih Farisni, M.Kes yang melaporkan bahwa jumlah peserta KKN reguler tahun ini adalah 127 peserta, dengan peserta terbanyak dari Fakultas ekonomi dengan jumlah peserta 47 orang, Adapun Dosen pendamping Lapangan terdiri dari 7 dosen yang sudah memiliki kecakapan teknis dalam membimbing mahasiswa diluar kampus. Mahasiswa akan turun ke 35 Desa dalam 5 Kecamatan di Kota Subussalam.

Tema KKN periode ini adalah “membangun ketahanan pangan dalam upaya pencegahan stunting” pemilihan tema ini selaras dengan salah satu tujuan kerja dari pemko Subulussalam dalam memerangi stunting di daerah tersebut, hal ini juga dikuatkan dengan pembekalan dari Wakil rektor yang turut memberikan materi tentang teknik pemilihan tanaman yang cepat dalam waktu tunggu pemanenan, tanaman yang mudah ditanam disekitar pekarangan rumah dan Teknik pemilihan bibit berkualitas, beliau yang juga seorang ahli dibidang pertanian juga memberikan tips dalam merawat tanaman agar tidak mudah terserang penyakit, Dr Alfizar juga berharap kepada mahasiswa/i untuk memberikan kontribusi terbaik bagi desa yang menjadi lokasi KKN, salah satu bukti nyata adalah dengan membawa 5 buah bibit pohon kelor permahasiswa untuk ditanam di Desa nantinya

Acara dilanjutkan dengan pemaparan terkait filosofi KKN yang disampaikan oleh sekretaris LPPM yaitu Herdi Susanto, MT, beliau yang dikenal sebagai dosen yang unggul dalam penerapan ipteks dikalangan masyarakat mengungkapkan bahwa peranan mahasiswa sangat diharapkan oleh masyarakat, sehingga diharapkan program yang di usung harus benar-benar sesuai tema dan bermanfaat bagi masyarakat, karena tujuan utama KKN adalah mensharing dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan untuk kemajuan dan perkembangan desa.

Acara dilanjutkan dengan materi inti KKN yang disampaikan oleh Ibu Ketua, terkait pengenalan ap aitu stunting dan tatacara Menyusun Qanun/Peraturan desa untuk memperkuat kegiatan stunting sehingga menjadi program yang mendapat support dari apa ratur gampong, acara dilanjutkan dengan penyampaian dalam penyusunan laporan dan kategori penilaian, acara siang ini ditutup dengan penyampaian terkait penggunaan aplikasi Sikamago oleh Mujairin,ST (staf korpus KKN)

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan pembekalan DPL oleh ketua korpus KKN dan dilanjutkan oleh pembekalan teknis oleh DPL kepada mahasiswa bimbingannya terkait teknis keberangkatan keesokan harinya.

Lainnya :