LPPM - UTU Gelar Sosialisasi dan Teken Kontrak Penelitian Hibah Internal Skema LK dan GB
  • UTU News
  • 05. 12. 2020
  • 0
  • 1404

MEULABOH, UTU – Jajaran LPPM-PM Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan sosialisasi dan penandatanganan kontrak penelitian hibah internal skema Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB), Sumber dana PNBP UTU Tahun Anggaran 2020, di Aula Utama UTU, Jumat, 04 Desember 2020.

Sekretaris LPPM PM-UTU, Herdi Susanto, ST.,M.T menjelaskan, besarnya anggaran yang tersedia penelitian hibah internal UTU tahun 2020 untuk skema Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) sebesar Rp. 340 juta. “Jadi yang didanai tahun 2020, hanya utk 6 (enam) skema Lektor Kepala, tiga skema Guru Besar dan tiga skema Lektor, untuk pelaksanaan hingga Tahun 2021”, ujar Herdi.

Sedangkan untuk skema Lektor, Asisten Ahli dan Pengabdian Berbasis Riset yang didanai dengan DIPA Tahun 2021, rencananya akan diumumkan pada Januari 2021. Pengumuman dimaksud akan dilaksanakan setelah pengumunan resmi pendanaan dari DRPM Ristekdikti, sesuai panduan jika dosen peneliti telah didanai oleh DRPM, maka dana hibah internal tidak didanai lagi. “Ini untuk membuka peluang kepada dosen-dosen lainnya melakukan penelitian terutama dosen-dosen junior”, tegas Herdi.

Herdi menyampaikan, pelaksanaan penelitian di UTU memiliki berbagai variasi baik dalam hal penulisan, sistematika penulisan maupun metode pelaksanaan penelitian. Hal ini terjadi karena perbedaan latar belakang keahlian dan keilmuan yang bersumber dari masing-masing program studi. Perbedaan latar belakang ilmu dan bentuk pelaksanaan penelitian di UTU disatukan dalam bingkai core product UTU yaitu agro and marine industry.

Secara keseluruhan, kata Herdi, skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UTU tahun 2020, telah ditetapkan 4 skema penelitian yaitu Penelitian Asisten Ahli, Penelitian Lektor, Penelitian Guru Besar dan Lektor Kepala dan Penelitian Penugasan. Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri dari dua skema yaitu Pengabdian Berbasis Riset dan Pengabdian Penugasan.

“Arah dan fokus peneltian perlu kami sampaikan bahwa harus mendukung visi dan misi UTU yaitu menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di sektor agro dan marine industri diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi”, lanjut Herdi yang juga Dosen Fakultas Teknik UTU.

Dijelaskan, hibah penelitian skema Guru Besar dan Lektor Kepala ini juga merupakan salah satu bentuk pembinaan dan bimbingan kepada dosen-dosen junior UTU dalam hal publikasi artikel ilmiah bereputasi, sehingga diharapkan percepatan terhadap kenaikan pangkat fungsional dosen UTU terus meningkat. Dimana anggota peneliti dalam skema ini diwajibkan dari dosen tetap UTU, dan luaran wajib dari skema ini adalah publikasi pada Jurnal ilmiah internasional bereputasi. (***)

Komentar :

Lainnya :