LPPM UTU Gelar Sosialisasi Panduan Penelitian Hibah Internal 2020
  • UPT_TIK
  • 12. 08. 2020
  • 0
  • 449

MEULABOH, UTU – Jajaran LPPM-PM Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar sosialisasi panduan pelaksanaan penelitian pengabdian kepada masyarakat edisi II Tahun 2020, hibah internal yang sumber dana PNPB, secara langsung,  di Aula Utama UTU, Selasa 11 Agustus 2020.

Pemateri sosialisasi penelitian dan pengabdian hibah yang disampaikan Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA bersama Sekretaris LPPM UTU, Herdi Susanto, ST.,MT, diikuti oleh para dosen dalam lingkup UTU.

Dalam menyampaikan materi sekitar tiga jam, Prof. Jasman antara lain menjelaskan hal yang terkait dengan identitas dan tanggungjawab universitas, yang pada intinya  masyarakat berharap (ekspektasi) perguruan tinggi bisa memerankan dirinya sebagai agent of education dan juga sebagai agent of research and development.  Selain itu,  masyarakat juga berharap perguruan tinggi bisa memerankan dirinya sebagai agent of knowledge and technology transfer, yang pada  akhirnya sebagai agent of economic development.

Dalam kesempatan itu, Prof. Jasman juga menguraikan tentang landasan pembentukan pola ilmiah pokok (core product) Universitas Teuku Umar (UTU), yang secara historis dimulai dari pendirian Akademi Pertanian (AP), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP), dan Universitas Teuku Umar (UTU).  Sementara dari aspek sosiologis, alasan melahirkan core product UTU karena sebagian besar masyarakat Barat Selatan Aceh (Barsela) dan Indonesia adalah masyarakat Agraris.

Kalau dari aspek resource basedcore product UTU  agro and marine industry, lahir   karena  bumi kita kaya potensi di bidang perikanan, biodata laut, pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan. Sedangkan dari aspek market based Indonesia merupakan salah satu Negara importir pangan tersebesar dunia, meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi para dosen sebagai peserta dengan Rektor Prof. Jasman. (Muzakkir)

Lainnya :