Peserta KKN Blang Padang Abdya Bikin Hand Sanitazer dari Lidah Buaya Home Posts
  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  • 10. 07. 2020
  • 0
  • 485

MEULABOH - UTU | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Universitas Teuku Umar (KKN-UTU) Tematik mandiri kelompok Desa Blang Padang, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terlihat kreatif dan selalu aktif melakukan kegiatan bersama masyarakat, termasuk membuat hand sanitizer dari gel lidah buaya dan dari daun sirih.

Hand sanitizer digunakan untuk membersihkan tangan dari debu, kuman. Lebih ampuh membunuh kuman dan bekteri penyebab penyakit jika digunakan setelah mencuci tangan dengan air dan sabun. Alkohol dan gel lidah buaya dicampurkan jadi satu dan diaduk 15 menit. Alkohol bermanfaat untuk antiseptic. Gel lidah buaya (aloevera) untuk melembutkan kulit.

Peserta KKN Desa Padang adalah Marziah dan Usi Puspita dari Program Studi (Prodi) Agroteknologi) angkatan 17, Fakultas Pertanian UTU. Kedua mereka ini melakukan KKN di kampung sendiri. Beberapa kegiatan untuk masyarakat yang mereka lakukan selain menyumbangkan hand sanitizer, juga membuat masker dari kain yang dijahit sendiri oleh mereka dengan menggunakan masin milik masyarakat setempat. Kegiatan lainnya yang mereka lakukan selama ini, mengajarkan anak-anak desa Blang Padang cara mencuci tangan yang baik dan benar dan selalu menganjurkan menggunakan masker.

Selain mengajarkan anak-anak mencuci tangan, kegiatan sosial lainnya, Marziah dan Usi Puspita juga ikut bersama Ibu-ibu bidan melakukan sosialisasi dikalangan ibu mangandung dan anak-anak belita, serta menggerakkan gotong royong bersama masyarakat desa Blang Padang. Sementara Keuchik Desa Blang Padang, “Akmaluddin bersama masyarakat sangat antusias menerima kehadiran kami. Ada kesan tersendiri bagi masyarakat, karena kami juga KKN di kampung sendiri,”

Lainnya :