Tiga Program Studi FPIK UTU Ikuti Pembekalan Pra-Akreditasi
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 12. 08. 2020
  • 0
  • 296

Tiga program studi yang terdapat dalam lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar sedang melaksanakan pengajuan akreditasi. Ketiga program studi tersebut adalah Ilmu Kelautan, Perikanan dan Sumberdaya Akuatik. Sebelumnya terdapat satu program studi yang telah selesai menyelesaikan proses akreditasi yakni prodi Akuakultur dimana prodi tersebut terakreditasi B oleh BAN-PT. Prodi Perikanan mengajukan perpanjangan akreditasi, sedangkan Prodi Sumber Daya Akuatik mengusulkan ReAkreditasi. Sementara itu prodi Ilmu Kelautan yang juga merupakan prodi baru di lingkup FPIK mengajukan akreditasi untuk pertama kalinya.

Saat ini, ketiga prodi tersebut sedang mempersiapkan Borang akreditasi dimana telah mengikuti ketentuan baru dari BAN-PT terkait pengajuan akreditasi yakni melalui Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0). Borang adalah alat untuk mengumpulkan dan mengungkapkan data dan informasi yang digunakan oleh BAN-PT untuk menilai mutu dan kelayakan Program Studi. Adapun ketentuan akreditasi terbaru adalah 9 kriteria dimana dokumen yang harus dipersiapkan terdiri dari Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED).  Selain itu, bentuk nilai akreditasi juga telah berubah dimana sebelumnya menggunakan mekanisme nilai A, B dan C kini berubah menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik.

Pembekalan PraAkreditasi dilaksanakan pada hari Selasa 5 Agustus 2020 di Ruang Rapat Pimpinan FPIK, dengan pemateri yaitu Herdi Susanto, ST., MT (Sekretaris LPPM & PMP) yang juga sebagai Ketua Tim Akreditasi Perguruan Tinggi UTU. Melihat semangat dan antusias para penyusun borang APS, Herdi berpesan “Sebelum mensubmit APS agar dilakukan sinkronisasi antara LED, LKPS dan SAPTO, karena detail-detail walau kecil sekalipun akan menetukan keberhasilan dari APS itu sendiri.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FPIK UTU Prof. Dr. M. Ali S, MSi menyampaikan bahwa proses akreditasi sangat penting bagi suatu instansi dalam hal ini tiga program studi dilingkup FPIK yang sedang dalam proses pengusulan akreditasi. “Akreditasi dapat diibaratkan sebagai identitas profesionalisme suatu lembaga. Jika suatu lembaga tidak memiliki identitas profesionalisme, maka bisa dikatakan bahwa lembaga tersebut belum teruji, namun jika telah memiliki identitas dalam hal ini akreditasi, maka telah terujilah lembaga tersebut dan dapat dikatakan sebagai lembaga yang profesional”. Semoga proses pengajuan akreditasi pada prodi Ilmu Kelautan, Perikanan dan Sumberdaya Akuatik dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lainnya :