Tiga Program Studi FPIK UTU Melaksanakan Kegiatan Webinar Nasional
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 12. 08. 2020
  • 0
  • 321

Sepanjang bulan Mei hingga Agustus 2020, tiga program studi dilingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan melaksanakan kegiatan webinar berskala nasional. Ketiga prodi tersebut adalah Ilmu kelautan, Sumberdaya Akuatik dan Prodi Perikanan. Kegiatan webinar ini dilaksanakan menggunakan platform online Zoom Meeting sehingga dapat dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang kelimuan dan lokasi diseluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung regulasi pemerintah terkait pemutusa rantai penyebaran Covid -19 sehingga semua kegiatan seminar harus dilaksakan secara daring.

Kegiatan webinar oleh prodi Ilmu kelautan dilaksanakan pada bulan Mei, 2020 dengan tema Dampak Mikroplastik Terhadap Ekosistem Pesisir dan Laut. Adapun pemateri pada kegiatan webinar ini adalah Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA sebagai keynote speaker webinar. Narasumber seminar nasional, Prof. Dr. Akbar Tahir, M.Sc (Guru Besar Bidang Pencemaran Laut dan Ekotoksikologi FIKP Universitas Hasanuddin), Prof. Dr. Etty Riani, MS (Guru Besar bidang Ekotoksikologi FPIK IPB University) dan Muhammad Reza Cordova, M.Si (Peneliti pada Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Sementara kegiatan webinar oleh prodi Sumberdaya Akuatik dilaksanakan pada bulan Juni, 2020 dengan tema Peluang dan Tantangan Pengelolaan Krustasea yang Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19. Adapun pemateri pada kegiatan webinar ini adalah Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS (Koordinator/Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Daya Saing SDM, Inovasi Teknologi dan Riset) sebagai pembicara kunci, dan 3 pembicara lain yaitu Dr. Ali Mashar, S.Pi, M.Si (Peneliti biologi krustasea, Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, IPB University), Ilham. S.ST.Pi, M.Sc, M.Aq, PhD (Akademisi-Politeknik AUP dan Plt. Wadir II Politeknik  AUP) dan Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc (Social-Ecological System of the Oceans Lab dan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University)

Terakhir kegiatan webinar oleh prodi Perikanan dilaksanakan pada bulan Agustus, 2020 dengan tema Strategi UMKM Perikanan Dalam Menghadapi Peluang dan Tantangan di Masa New Normal. Adapun pemateri pada kegiatan webinar ini adalah Syarif Syahrial SE., M.SE. (Direktur BLU Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan), Ir. Razali AR, M.Si (Sesditjen PDT Kementerian Desa), Sri Suro Adhawati, SE., M.Si (Dosen Sosial Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar) dan H. Jauhari (Direktur dan Founder CV Camar Laut Meulaboh).

Dekan FPIK UTU Prof, M. Ali S, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan webinar merupakan solusi yang sangat efektif dalam upaya menyebarkan pengetahuan dan kebaikan dalam masa new normal. Beliau menambahkan “Dengan segala keterbatasan yang terjadi karena Covid-19, namun kita tetap dapat melaksanakan kegiatan seminar secara daring dengan sangat efektif. Hal ini juga didukung dengan kemajuan dan pengetahuan terhadap teknologi, sehingga apapun kondisinya kita tetap dapat terus produktif”.

Komentar :

Lainnya :